Tuesday, January 31, 2017

cara memotong rantai dengan cepat



Di Saat rantai sepada motor sudah kendor, itu tandanya harus disetel ulang atau dikencangkan kembali.

Lalu bagaimana jika stelannya sudah habis, atau tidak bisa dikencangkan lagi...? Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya, caranya diganti dengan yang baru, maka masalahnya selesai.

Cuma kalo kondisinya, pas lagi bokek, kantong kering alias dompet lagi kosong, maka masalah rantai kendor tidak jadi selesai sampai disini, itu artinya harus mencari solusi yang lain.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya...? Untuk mengatasinya tentu kita harus memotong atau mengurangi rantai tersebut agar ukuranya menjadi pas, sehingga dapat disetel seperti sedia kala.


Rantai yang sudah kendor dan tidak bisa disetel ulang, memang harus diganti dengan rantai baru atau dilakukan pemotongan pada rantai tersebut, agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya.

Jika rantai sudah kendor dan dibiarkan begitu saja tanpa ditangani, otomatis akan mudah lepas dan bisa merusak bagian sepada motor lainnya, salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan dikarenakan rantai kendor adalah standart tengahnya, dan rantai itu sendiri.

Jika sepeda motor milik anda kendor rantainya, dan tidak dilakukan penanganan, maka saat motor tersebut digunakan, rantai akan bergesekan dengan standar tengah, lama kelamaan dari gesekan tersebut bisa menyebakan standar tengah sepeda motor anda berlubang.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan karena rantai kendor adalah rantainya lepas dan tercepit, sehingga rantai menjadi rusak, bengkok, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa putus.

Apalagi jika berkendara dengan kecepatan tinggi, dengan kondisi rantai kendor dan tiba-tiba rantai tersebut lepas, hal ini selain sangat berbahaya, bisa juga menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagai sedikit informasi tentang cara mengatasi rantai kendor dan tidak bisa disetel kembali karena setelannya sudah mentok, yaitu dengan cara memotong atau mengurangi rantai tersebut.

Yah itung-itung berhemat sekaligus bisa mengulur waktu sampai beberapa bulan kedepan, jika kondisinya pas kantong lagi kering alias dompet lagi tipis hehehe. Pengalaman saya, melakukan hal tersebut, rantai yang dipotong bisa digunakan dan bertahan hingga lebih dari 1 tahun.

Bagi sobat, yang ingin tahu bagaimana cara sederhana memotong rantai sepada motor berikut cara-caranya.

Alat Yang Diperlukan

Karena cara ini adalah cara cepat memotong rantai sepada motor yang sudah kendor, maka alat-alat yang digunakan pun juga sederhana, berikut beberapa peralatan yang diperlukan   
    -Treker pemotong rantai

    -obeng min
    - tang atau palu untuk mengetok
    - mur 12/14 untuk penahan bawah pin rantai yg akan di ketok.


Langkah-Langkah Memotong Rantai

Untuk memotong rantai sepeda motor secara cepat, langkah-langkah yang dilakukan sangatlah mudah yaitu :

  • Cari bagian sambungannya, kemudian buka sambungan tersebut menggunakan tang dan ambil pen penahannya.
  • Ambil dan keluarkan rantai dari sepeda motor untuk dipotong
  •  masukan treker pemotong rantai pada bagian tengah rantai lalu poisikan pin pendorong dari treker rantai sejajar dengan pin rantai
  • Putar treker searah putaran jarum jam sampai pin rantai terdorong penuh.
  • Kemudian congkel rantai tersebut dengan obeng min
  • Selesai..rantai anda berhasil di potong

    kemudian untuk menyambung rantai yg sudah di perpendek ukurannya caranya sangat gampang yaitu:

  • rakit kembali rantai sampai pinnya bisa masuk sedikit
  • ketok pin rantai tersebut dengan palu/tang sampai pin rantai benar benar terpasang dengan baik
  • Gunakan mur 12/14 untuk penahan bawah pin rantai ketika di ketok
  • Selesai
 NB: mohon maaf jika kurang jelas ..kalo kurang jelas saksikan video ini :https://youtu.be/I-UBisEKNxQ


Nah demikianlah Cara cepat memotong rantai sepeda motor, semoga ini bermanfaat. mohon maaf jika banyak kekurangan.

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD KUMPULAN FIRMWARE SAMSUNG TANPA PASWORD

Sebelum bicara Firmware yuh kita bicara dulu tentabg sejarah samsung. Samsung Mobile Division adalah salah satu dari lima unit ...