Sunday, December 17, 2017

JALUR RANGKAIAN LAMPU SEIN SEPEDA MOTOR

Merangkai kelistrikan lampu sein pada sepeda motor utuh tidaklah begitu sulit,karena selain ada kode warna kabel lampu sein yang sudah di tentukan oleh pabrikan juga soket soket kabelnya sudah tinggal menggabungkan saja. Dan begitu pula soketnya pun antara lampu sein dengan lampu kepala dan dengan soket jalur kelistrikan lain biasanya mempunyai sebuah perbedaan sehingga sangatlah tidak begitu sulit untuk menggabungkannya kembali...

NAMUN berbeda masalahnya apabila ternyata jalur kelistrikan pada sepeda motor tersebut sudah berantakan, gak jelas, acak acakan atau mungkin seluruh jalur kabel terbakar..
tentu saja untuk penanganan masalah ini kita perlu DASAR ILMU Rangkaian Lampu Sein Yang jelas, sehingga kitapun Bisa membuat jalur kabel lampu sein sendiri dengan kabel kabel baru maupun dengan memperbaiki jalur yang acak acakan tersebut.

Jalur kelistrikan lampu sein atau tanda belok sendiri di mulai dari Baterai-sekering-kunci kontak-Flaser-Saklar lampu sein- lampu Sein.
1. Baterai
baterai berfungsi sebagai sumber arus Dc untuk menghidupkan lampu sein itu sendiri.

2. Sekering/fuse
fuse sendiri berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi kosleting pada jalur rangkaian tersebut..dengan adanya sekering maka jika ada short komponen seperti flaser,lampu,kunci kontak dll tidak mengalami kerusakan karena sebelum arus merusak komponen tersebut arus sudah terputus hubungannya oleh sekering tersebut.

3. Kunci kontak
kunci kontak pada rangkaian lampu tanda belok/Sein berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus output dari sekering yang menuju ke flaser.

4. FLASER
penjelasan simpelnya, Flaser adalah komponen elektro yang berfungsi sebagai pengedip lampu. Tanpa flaser maka lampu sein tidak mungkin bisa berkedip.

5. Saklar Lampu sein
saklar lampu sein terdiri dari tiga titik jalur. jalur pertama adalah jalur arus input dari flaser..dan jalur kedua dan ketiga adalah jalur arus output lampun sein kiri dan kanan.

Untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini:

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD KUMPULAN FIRMWARE SAMSUNG TANPA PASWORD

Sebelum bicara Firmware yuh kita bicara dulu tentabg sejarah samsung. Samsung Mobile Division adalah salah satu dari lima unit ...